KEPUTUSAN BERSAMA REPPUBLIK INDONESIA

KEPUTUSAN BERSAMA


A. Pendahuluan

Tahukah kamu bahwa segala tindakan yang kamu ambil dalam kehidupan sehari – hari merupakan suatu keputusan. Misalnya bangun tidur, setelah bangun tidur apa lagi kegiatan selanjutnya apakah makan dahulu atau makan sesudah mandi. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu contoh keputusan pribadi sesorang. Bagaimana dengan keputusan bersama? Yang katanya berdasarkan suara bersama anggota suatu kelompok? Dana bagaiman caranya memperoleh keputusan bersama? Serta bentuk – bentuk keputusan bersama itu?

Dalam kehidupan sehari – hari pastilah akan muncul masalah. Masalah dapat muncul di lingkungan manapun, baik di keluarga, sekolah, masayarakat maupun Negara. Sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia bahwa untuk menyelesaikan masalah di lakukan dengan musyawarah. Musaywarah merupakan salah satu asas dasar Negara Indonesia yang membedakannya dari negara – negara lain. Musyawarah tercantum dalam sila keempat dari Pancasila. Dengan musyawarah akan diperoleh keputusan bersama. Keputusan bersama disetujui dan dilaksanakan secara bersama – sama. Selanjutnya perlu diketahuai apa akibat sikap tidak menjalankan keputusan bersama itu, apakah ada sanksi atau tidak. Berikut uraiannya!

B. Tinjauan materi

Materi pada bahan ajar ini berdasrkan standar isi Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Materi ajar Keputusan Bersama terdapat pada Standar Kompetensi ke XII, yaitu ” mengharagai keputusan bersama” dengan kompetensi dasar ” mengenal bentuk – bentuk keputusan bersama dan mematuhi keputusan bersama”.
Materi ini mencakup tentang pengertian keputusan bersama, bentuk pengambilan keputusan bersama, sikap untuk mematuhi keputusan bersama serta dampak tidak menjalankan atau mematuhi keputusan bersama.

Untuk lebih memahami materi telah dijabarkan sedemikian rupa dengan bahasa yang mudah dipahami serta berkaitan dengan lingkungan sekitar anak didik. selanjutnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADIKANLAH MEMBACA SEBAGAI SUATU KEGEMARAN YANG MENGASYIKKAN, BUKAN SUATU KETERPASAAN

KEPUTUSAN BERSAMA

Metode ilmiah